PENGERTIAN IPTEK


Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sangatlah tidak asing ditelinga kita. IPTEK sangatlah berkaitan erat dengan globalisasi. Lalu apa sebenarnya IPTEK itu? Di penjelasan kali ini marilah kita sama-sama belajar mengenai pengertian, jenis, dan contoh dari IPTEK.


Pengertian

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau IPTEK merupakan ilmu yang mempelajari perkembangan teknologi berdasarkan ilmu pengetahuan. IPTEK berisi sumber informasi yang bisa meningkatkan pengetahuan alam atau menjadi wawasan seseorang dalam bidang teknologi. Hubungan Pengetahuan dan teknologi IPTEK merupakan cabanng ilmu yang harus dikuasai dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Sejarah menunjukkan bahwa kemajuan bangsa ditentukan oleh penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

IPTEK juga memiliki beberapa pengertian dari para ahli. Berikut adalah beberapa pengertian IPTEK dari beberapa ahli tersebut.
  • Read Bain (1937)
Mendefinisikan IPTEK pada dasarnya mencakup kepada semua mesin, alat, peralatan, perlengkapan, senjata, perumahan, pakaian, alat transportasi serta komunikasi perangkat, juga keterampilan, yang akan memungkinkan kita sebagai manusia dan memproduksinya.

  • Jaques Ellul (1967:1967 XXV)

Mendefinisikan IPTEK sebagai keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memeiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia. Termasuk diantaranya pada proses yang meningkatkan nilai tambah. Produk yang digunakan ini kemudian dihasilkan untuk memudahkan serta meningkatkan kinerja struktur juga sistem dimana proses dan produk ini kemudian dikembangkan serta digunakan.

  • Kast dan Rosenweig

Kast mendefinisikan IPTEK merupakan teknologi sebagai suatu seni memanfaatkan pengetahuan ilmiah. "Technology is the art of utilizing scientific knowledge."

Mengutip dari buku Perubahan Pengetahuan Teknologi Mendukung Kualitas Sumber Daya Manusia di Era New  Normal, teknologi menggunakan ilmu pengetahuan untuk memecahkan masalah. Sebaliknya, ilmu pengetahuan menggunakann teknologi untuk membuat penemuan baru.

Tujuan dari ilmu pengetahuan adalah menjawab pertanyaan dan tujuan teknologi adalah menemukan solusi untuk sebuah masalah. Dengan tujuan tersebut, ilmu pengetahuan dan teknologi berjalan beriringan. Masing-masing saling membantu untuk sebuah kemajuan.


Jenis-Jenis IPTEK

Mengutip dari Buku Isu-isu Kritis Pendidikan, berbagai jenis IPTEK bisa digunakan oleh masyarakat. Misalnya dalam bidang kesehatan, astronomi dan teknologi.

  • Kesehatan

IPTEK dapat digunakan semaksimal mungkin untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, penanganan penyakit, perbaikan gizi, kecukupan farmasi, dan menjaga kesehatan lingkungan. IPTEK juga berperan penting dalam perbaikan jaringan informasi seputar kesehatan. Dengan adanya teknologi yang semakin maju inilah membuat berbagai jenis alat kesehatan semakin berkembang.

  • Astronomi

Perkembangan astronomi identik dengann kemajuan penerapan IPTEK di Indonesia. Masyarakat tentu tak asing dengan Observatorium Bosscha yang diresmikan pada 7 Juni 1928. Observatorium ini memiliki teropong besar dengan refraktor ganda berdiameter 60cm. Observatorium Bosscha menjadi salah satu penegakk ilmu astronomi di Indonesia. Dalam perkembangan selanjutnya, Bosscha diupayakan tetap jadi pusat astronomi sebagai situs ilmiah yang keutuhan dan nilainya selalu terlindungi dan menjadi sumber informasi astronomi untuk masyarakat.

  • Komunikasi

Banyaknya penemuan teknologi mendorong kemajuan di bidang komunikasi dan informasi. Pada tahun 1906, sebagai pengganti dalam pengiriman morse, pemancar radio pertama kali dibuat untuk menyiarkan lagu-lagu natal. Berikutnya tercipta televis, gambar bergerak yang digabung dengan teknologi pemancar radio. Tahun1928, Vladimir K. Zworykin, ahli fisika dari Rusia mendemonstrasikan televisi elektronik pertama. Selanjutnya pada tahun 1960, Echo I berhasil menerima gelombang radio dari bumi dan memancarkan kembali ke bumi. Saat itu mulai diluncurkan satelit keluar angkasa.

 

Ciri-Ciri IPTEK

Adapun ciri-ciri dari IPTEK adalah sebagai berikut.

  1. Empiris, diperoleh melalui suatu proses  pengamatan, penelitian, dan percobaan terlebih dahulu sehingga melahirkan suatu pengetahuan.
  2. Radikal, lebih berfokus pada upaya dalam menguraikan hingga keakar persoalan dan lebih menekankan kepada esensinya.
  3. Sistematis, dikatakan sistematis karena ilmu yang telah ditemukan kebenarannya perlu disebarluaskan. Tujuannya adalah agar masyarakat dapat menangkap dan lebih mudah dalam memahami.
  4. Objektif, maksud dari ibjektif ini adalah tidak memihak. Manfaatnya adalah menghilangkan prasangka serta penilaian negatif orang lain.
  5. Analitis, dimana ilmu pengetahuan disampaikan secara terperinci, kritis dan menyeluruh. Jadi tidak ada kemungkinan untuk membedakan persoalan ataupun perannya.
  6. Verifikatif, maksudnya adalah ilmu pengetahuan dan IPTEK harus sudah melalui pengujian berkali-kali. Pengujian inilah yang digunakan sebagai bentuk pertanggungjawaban dan mencari jawaban sempurna terkait pertanyaan yang selama ini masih dipertanyakan.
  7. Logis, ilmu pengetahuan diperoleh secara metodologi penelitian dan disususn secara logis. Tujuannya adalah mencapai keseluruhan solusi serta pesan.
  8. Bersifat ilmiah, maksudnya proses perolehan ilmu pengetahuan dilakukan secara serius dan bersungguh-sungguh.
  9. Kritis, dikatakan kritis apabila teori tersebut tidak lagi ditemukan teori definitive. Selain itu, ilmu pengetahuan juga sebagai keterhubungan teori mengenai kasus yang sekarang tengah terjadi.

 

 Contoh IPTEK

 Ilmu Pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang dimasyarakat, tentunya memunculkan teknologi-teknologi baru yang tentunya sangat berguna bagi kehidupan dimasa sekarang ini. Adapun beberapa contoh IPTEK adalah sebagai berikut.

  • Siaran Televisi
Siaran televisi pada awalnya menggunakan sinyal analog yang kemudian dapat ditangkap dengan antena TV biasa. Namun dimasa sekarang ini muncul teknologi di televisi digital yang akan menangkap sinyal digital berupa bit data informasi, sama halnya dengan streaming Youtube, sehingga gambar menjadi lebih jernih jika dibandingkan dengan sinyal televisi analog.

  • Internet

Jika dahulu internet hanya dapat digunakan untuk browsing saja atau berkirim email, saat ini internet sudah dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis, misalnya saja si marketplace, mempromosikan produk, dan lain sebagainya.

  • Bidang Industri

Contoh perkembangan IPTEK pada bidang industri diantaranya adalah penggunaan mesin ataupun robot daripada penggunaan tenaga manusia. Hal ini tentunya dapat menghemat biaya serta mengurangi kesalahan pekerjaan, dengan dampak negatifnya mengurangi banyak tenaga kerja karena digantikan oleh robot atau mesin.

  • Teknologi

 Seiring dengan perkembangan zaman, muncul jaringan teknologi yang lebih cepat, dampaknya dari perkembangan jaringan ini adalah mulai munculnya perusahaan berbasis startup seperti Grab, Gojek, Uber, dan lain sebagainya. 


Nah, bagaimana teman-teman? Dari penjelasan singkat diatas kita dapat mengetahui apa sebenarnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang ada di masyarakat. Dengan adanya ilmu pengetahuan terutama teknologi, banyak hal yang dapat dengan mudah kita ketahui dimasa sekarang ini. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan IPTEK juga dapat memberikan dampak bagi masyarakat. 

Untuk lebih mengetahui mengenai apa saja dampak dari IPTEK, teman-teman bisa membaca di laman website yang kami buat ini. Semoga dengan penjelasan singkat diatas, dapat menambah wawasan bagi teman-teman semuanya. Jangan lupa untuk meninggalkan jejak komentar dan tunggu materi selanjutnya.


Sumber :

https://www.gramedia.com/literasi/iptek/

https://www.detik.com/jabar/berita/d-6203017/iptek-adalah-pengertian-beserta-manfaat-dan-dampaknya

 

Pencari materi : Aldista Nayla Risma M. (03)

Penulis blog : Ravita Setya Wulansari (26) 

 

Komentar

Postingan Populer