PENGERTIAN GLOBALISASI DAN FAKTOR PENDORONG GLOBALISASI



Dimasa sekarang ini tentunya kita sering mendengar kata globalisasi. Kata globalisasi seringkali terdengar ditelinga dengan diselingi kata IPTEK. Globalisasi dan IPTEK memiliki pengertian yang berbeda. Meskipun demikian, Globalisasi dan IPTEK nerupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan karena memiliki keterkaitan satu sama lain. 

Lalu apa itu Globalisasi dan IPTEK?

Globalisasi atau dalam bahasa Inggris globalization atau globe, artinya mendunia atau bola dunia. Secara bahasa global artinya mendunia, sedangkan ization merujuk pada suatu proses. Globalisasi memiliki arti yang beragam, berikut adalah beberapa pendapat dari para ahli mengenai pengertian globalisasi.

  • Anthony Giddens
Mendefinisikan globalisasi sebagai intensifikasi hubungan secara mendunia yang terhubung antara peristiwa satu lokasi dengan lokasi lainnya yang menyebabkan perubahan pada keduanya.

  •  Laurence E.Rothenberg

Mendefinisikan globalisasi sebagai percepatan intensifikasi interaksi dan integrasi antara orang-orang, perusahaan, dan pemerintah dari negara yang berbeda.

  • Emanuel Ritcher

Mendefinisikan globalisasi sebagai sebuah jaringan kerja global yang secara bersamaan mempersatukan masyarakat yang sebelumnya terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.

  •  Cochrane dan Pain

Mengemukakan  pertanda globalisasi sebagai munculnya sebuah sistem ekonomi dan budaya global yang membuat manusia di seluruh dunia menjadi sebuah masyarakat tunggal yang global.

  • Cohen dan Kennedy
Mendefinisikan globalisasi sebagai seperangkat informasi yang saling memperkuat dunia, yang meliputi perubahan konsep ruang dan waktu, kebergantungan pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda, peningkatan interaksi kultural, meningkatnya masalah bersama dalam bidang ekonomi, lingkungan, dan permasalahan lazim lainnya.

  • Selo Soemardjan

Mendefinisikan globalisasi sebagai sebuah proses terbentuknya sistem organisasi dan juga komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama.

  •  Achmad Suparman

Mendifinisikan globalisasi sebagai salah satu proses yang mana sesuatu benda atau perilaku dijadikan sebagai ciri dari setiap individu di dunia tanpa dibatasi oleh wilayah.

  •  Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan

Mendefinisikan globalisasi sebagai proses yang meliputi penyebab, kasus, dan glokonsekuensi dari integrasi transnasional dan transkultural kegiatan manusia dan non-manusia.

Berdasarkan pengertian dari beberapa tokoh diatas, globalisasi secara singkat dapat didefinisikan sebagai proses mendunia yang mana dunia tanpa batas-batas yang jelas, mengubah dunia menjadi satu kesatuan yang terikat dan saling bergantung, meniadakan batas geografis, ekonomi, sosial dan budaya. Globalisasi dapat juga didefinisikan sebagai meluasnya kebudayaan dan ilmu pengetahuan ke seluruh penjuru dunia.

Terjadinya globalisasi tidak lepas dari pengaruh Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan dengan adanya IPTEK, akses informasi dan transportasi dapat dijangkau dengan mudah yang memungkinkan terciptanya jaringan global yang menghubungkan manusia dari berbagai negara dan budaya. Perkembangan IPTEK yang semakin maju juga mempengaruhi kehidupan masyarakat seperti berkomunikasi, berbelanja, mendapatkan informasi, dan menjalani kehidupan sehari-hari.

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) berisi sumber informasi yang bisa meningkatkan pengetahuan atau menjadi wawasan seseorang dalam bidang teknologi. Dalam hal ini ilmu pengetahuan dan teknologi saling berkaitan dalam membangun kemajuan global.

Globalisasi tidak dapat terjadi begitu saja. Adapun beberapa faktor pendorong terjadinya globalisasi adalah sebagai berikut.

  • Faktor Eksternal
    1. Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan
    2. Perdagangan bebas
    3. Migrasi penduduk
    4. Kerjasama hubungan antar negara
    5. Peran lembaga internasional
    6. perkembangan HAM
  • Faktor Internal
    1. Perkembangan cara berpikir masyarakat
    2. Ketergantungan terhadap negara lain
    3. Kebebasan pers atau media
Globalisasi memililiki karakteristik tersendiri. Karakteristik ini memberikan gambaran bahwa masyarakat  semakin menyatu dalam pola hubungan yang semakin erat. Adapun ciri-ciri era globalisasi secara umum dapat diklasifikasikan sebagai berikut.
  1. Ditinjau dari aspek kultural, globaisasi semakin meningkatkan interaksi kultural melalui perkembangan media massa seperti televisi, internet, maupun berita skala internasional.
  2. Ditinjau dari aspek geografis, yaitu adanya perubahan gerak dan waktu. Hal ini ditandai dengan semakin menipisnya jangkauan geografis suatu wilayah yang dapat ditempuh dalam waktu singkat.
  3. Ditinjau dari aspek ekonomis, globalisasi telah memunculkan aktor-aktor transnasional seperti perusahaan multinasional yang berkembang di berbagai negara. 

Nah, bagaimana teman-teman? Dari penjelasan singkat diatas dapat disimpulkan bahwa globalisasi merupakan suatu proses mendunia tanpa adanya batas-batas yang jelas dan memiliki keterkaitan dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

Komentar

Postingan Populer