DAMPAK IPTEK DAN GLOBALISASI



Perkembangan zaman serta teknologi serupa ini menghasilkan kata globalisasi yang semakin familiar. Fenomena tersebut tampaknya telah mendarah daging, setiap kegiatan, makanan, pakaian serta gaya hayati kita sudah mempengaruhi peradaban dunia. Globalisasi artinya suatu realitas spesifik dalam peradaban insan yang berkiprah terus dalam warga dunia.

Lain halnya pemaknaan globalisasi dari sudut pandang ekonomi. Berdasarkan Komite Kebijakan Pembangunan Badan PBB, globalisasi merupakan peningkatan saling ketergantungan ekonomi global yang menjadi akibat dari skala pertumbuhan lintas perdagangan, perbatasan komoditas serta jasa, peredaran modal internasional dan penyebaran teknologi yang luas dan cepat.

Terlepas dari asal usulnya, ada dampak globalisasi yang wajib diperhatikan. akibat positif dan negatif globalisasi dapat menghipnotis tatanan kehidupan yang ada pada lebih kurang. Globalisasi merupakan dampak yang terjadi secara menyeluruh, tidak terkecuali Indonesia yg sudah banyak terjadi perubahan secara global. 

Globalisasi memberikan dampak yang serius. Tak terkecuali dampak bagi pelajar. Adapun beberapa dampak globalisasi bagi pelajar adalah sebagai berikut. 

Dampak Positif Globalisasi Bagi Pelajar

  1. Mudah dalam mengakses ilmu pengetahuan
  2. Meningkatkan kemampuan belajar
  3. Bisa menguasai bahasa asing dan sebagainya

Dampak Negatif Globalisasi Bagi Pelajar

  1. Pelajar menjadi lebih individual karena merasa tidak lagi membutuhkan orang lain
  2. Meningkatnya sifat materialisme seorang pelajar
  3. Mengurangi waktu belajar

Tidak hanya bagi pelajar, globalisasi juga memberikan dampak bagi kehidupan dimasyarakat, baik dari segi politik, sosial budaya, maupun ilmu pengetahuan. Beberapa dampak tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Dampak Positif Globalisasi Di Bidang Kehidupan Politik
  1. Meningkatnya partisipasi setiap negara dalam menciptakan perdamaian dunia
  2. Sistem pemerintahan yang semakin demokratis dan terbuka
  3. Terbentuknya sistem politik sebuah negara
  4. Meningkatnya partisipasi masyarakat dalam pemerintahan
  5. Hubungan diplomatik antarnegara semakin erat karena komunikasi yang lebih mudah untuk dilakukan
Dampak Negatif Globalisasi Di Bidang Kehidupan Politik
  1. Sifat nasionalisme masyarakat semakin luntur
  2. Kebebasan yang tidak memiliki batasan sama sekali
  3. Ideologi bangsa asing masuk ke sebuah negara
  4. Sering terjadi konflik di berbagai negara
  5. Meningkatnya politik uang

Dampak positif Globalisasi Di Bidang Sosial Budaya
  1. Perubahan tata nilai dan sikap
  2. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi
  3. Kualitas atau tingkat kehidupan menjadi lebih baik
Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Sosial Budaya
  1. Arus globalisasi yang sangat pesat dapat menggerus nilai-nilai budaya asli. Contohnya, semakin lunturnya semangat gotong-royong, solidaritas, kepedulian, dan kesetiakawanan sosial
  2. Budaya tradisional tergantikan dengan budaya barat
  3. Masyarakat hidup konsumtif
Dampak Positif Globalisasi Di Bidang Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi
  1. Mudah dalam pengaksesan informasi
  2. Lebih mudah dalam berkomunikasi
  3. Bepergian lebih cepat dan praktis
  4. Berbagai fasilitas baik kesehatan maupun transportasi semakin canggih
Dampak Negatif Globalisasi Di Bidang Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi
  1. Penyalahgunaan kemajuan iptek untuk kegiatan ilegal seperti membuat situs porno
  2. Penyebaran berita bohong atau hoax
  3. Penggunaan alat teknologi untuk melakukan tindakan kriminal

Selain globalisasi, IPTEK juga memberikan dampak signifikan dalam kehidupan manusia. Tentunya dampak tersebut tidak lepas dari bidang ekonomi, budaya, pemerintah dan terutama dalam bidang pendidikan. Adapun beberapa dampak IPTEK tersebut adalah sebagai berikut.

Dampak Positif IPTEK 
  • Inovasi Dunia Pendidikan Semakin Berkembang
Dengan adanya globalisasi tentunya mempengaruhi IPTEK dalam bidang pendidikan semakin mudah untuk dilaksanakan dalam kondisi apapun. Semua orang dapat dengan mudah belajar tanpa adanya halangan karena tempat yang jauh. Seperti yang terjadi pada saat masa pandemi, kita tidak perlu pergi ke tempat yang dituju untuk mendapatkan ilmu. Kita bisa hanya dengan duduk dirumah dan mengikuti proses pembelajaran melalui berbagai jenis metode, seperti melalui  google classroom ataupun dengan mengikuti webinar. Semua menjadi lebih mudah, karena IPTEK juga membuat internet dijangkau dari berbagai daerah sehingga sebagai seorang pelajar kita dapat lebih dengan mudah dalam mengaksesnya.
  • Sistem Administrasi Pendidikan Berkembang
Memudahkan dalam hal administrasi di dunia pendidikan. Dengan adanya IPTEK yang semakin maju, orang tua dan siswa tidak perlu repot-repot untuk mendaftarkan pendidikan hingga datang ke tempatnya. Pendaftaran sekolah dapat dilakukan dengan mudah dari rumah dengan berbekal internet dan juga informasi. Kita tidak perlu untuk mengantre untuk menyerahkan dokumen-dokumen yang diperlukan, kita hanya cukup mengunggahnya di situs website yang sudah disediakan oleh pihak lembaga sekolah yang bersangkutan.
  • Muncul Metode Pembelajaran Baru
Globalisasi mendukung adanya IPTEK dalam perubahan metode-metode pembelajaran bagi pelajar dan mahasiswa. Metode pembelajaran yang digunakan saat ini juga sangat beragam seperti dengan penggunaan media Googlle Classroom, Zoom, Google Meeting dan sebagainya.
  • Perpustakaan Online/Daring
Semakin berkembangnya teknologi, banyak pelajar yang kehilangan minat untuk membaca buku di perpustakaan. Oleh karena itu dengan perkembangan IPTEK yang semakin maju, dibuat sebuah website yang berisi berbagai jenis judul buku seperti pada perpustakaan pada umumnya. Dengan adanya perpustakaan online ini, kita dapat membacana dimana dan kapan saja tanpa membutuhkan waktu untuk pergi ke perpustakaan karena akses yang sangat mudah digunakan.
  • Berbagai Hasil Penelitian
Berkembangnya IPTEK membuat kemudahan untuk mendapatkan ilmu. Dengan adanya IPTEK penelitian yang dibuat oleh seorang peneliti diunggah di internet. Hal ini dilakukan untuk menambah informasi bagi masyarakat luas mengenai objek yang diteliti.

  • Mempermudah Akses Transportasi

Tidak hanya dibidang pendidikan, perkembangn IPTEK juga berdampak dalam bidang transportasi. Dalam hal ini tentunya penggunaan alat transportasi juga semakin mudah digunakan untuk menjangkau berbagai tempat yang sebelumnya sulit untuk dijangkau. 

Namun selain beberapa dampak positif diatas, bagi seorang pelajar IPTEK juga memiliki beberapa dampak lain. Diantaranya adalah :

  1. Memperbanyak referensi dalam belajar
  2. Menambah wawasan dan pengetahuan
  3. Mempermudah dalam menambah relasi
  4. Mudah mendapat informasi

Dampak Negatif IPTEK

  • Pelanggaran Hak Kekayaan Intrlektual

Semakin berkembangnya IPTEK semakin banyak juga informasi dan ilmu yang tersebar di internet. Hal ini dapat disalahgunakan bagi seorang pelajar dalam mengerjakan tugas. Tentunya bagi pelajar yang malas mereka akan memanfaatkan kesempatan untuk menyalin informasi dari internet. Hal ini tentunya sangat dilarang. Oleh sebab itu guru berperan penting untuk memngingatkan untuk menghindari hal tersebut.

  • Kecanduan Teknologi

Teknologi yang semakin maju tentunya membuat beberapa pelajar menjadi kecanduan dalam menggunakan teknologi tersebut. Kecanduan teknologi ini menyebabkan siswa tidak akan fokus dengan pembelajaran yang ada, namun mereka akan lebih fokus pada gawai yang mereka gunakan. Oleh karena itu, kontrol orang tua sangat diperlukan untuk dapat meminimalisir terjadinya kecanduan pada gawai tersebut.

  • Sarana Untuk Mencontek

Pada saat hari libur atau pada saat kemarin terjadi pandemi, tentunya tidak memungkinkan untuk diadakan proses pembelajaran secara tatap muka. Upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan tugas secara daring. Tetapi hal ini tentunya tidak efektif karena bisa saja siswa mencontek dari google atau bahkan menanyakan jawaban kepada teman yang lain tanpa adanya perjuangan untuk mengerjakan sendiri terlebih dahulu.

Selain beberapa dampak diatas, adapun dampak negatif lain IPTEK bagi seorang pelajar adalah sebagai berikut :

  1. Kurangnya minat siswa dalam membaca
  2. Penyalahgunaan akses internet untuk mencari hal-hal yan megatif
  3. Kurangnya komunikasi verbal karena lebih banyak mengandalkan gawai


Nah, bagaimana teman-teman? Dari sedikit penjelasan diatas kita dapat mengetahui mengenai apa saja dampak dari globalisasii dan IPTEK. Kita sebagai pelajar haruslah pandai-pandai dalam menggunakan teknologi agar kita dapat menikmati dampak positifnya dan terhindar dari dampak negatifnya. 

Semoga dengan penjelasan singkat diatas, dapat menambah wawasan bagi teman-teman semuanya. Jangan lupa untuk meninggalkan jejak komentar dan tunggu materi selanjutnya.


Sumber :

https://bamai.uma.ac.id/2022/12/27/dampak-positif-dan-negatif-iptek-di-bidang-pendidikan/

https://kids.grid.id/read/473740966/20-dampak-positif-dan-negatif-perkembangan-iptek-bagi-kehidupan?page=all

https://hukum.uma.ac.id/2022/01/08/dampak-positif-dan-negatif-globalisasi-ketahui-bahaya-dan-manfaatnya/

https://jurnal.usk.ac.id/PEAR/article/view/7506#:~:text=Dampak%20positif%20dari%20globalisasi%20adalah,kebarat%2Dbaratan%20serta%20kesenjangan%20sosial


Pencari materi : Andhika Kusuma Wardhana (04) dan Satrio Jalu Permono (28)

Penulis blog : Aldista Nayla (03) dan Ravita Setya Wulansari (26)

Komentar

Postingan Populer