ALEXANDER GRAHAM BELL : TOKOH PENEMU TELEPON

Dengan berbagai jenis teknologi yang semakin maju seperti dimasa sekarang ini, kita dapat dengan mudah memperoleh segala informasi. Banyak media yang dapat kita gunakan untuk mengakses berbagai jenis informasi dari berbagai daerah bahkan dari segala penjuru negeri. Tentunya hal ini tidak lepas dari alat komunikasi yang kita gunakan sehari-hari, yaitu telepon. Tanpa adanya telepon, kita tidak akan dapat mengakses informasi dan mengetahui berbagai jenis informasi diluaran sana. Sebagai seorang pelajar, tentunya telepon merupakan salah satu alat yang sangat berguna baik sebagai sarana pembelajaran ataupun dalam kehidupan sehari-hari, yaitu sebagai alat komunikasi maupun media untuk mencari sebuah informasi. 

Perkembangan yang semakin maju, tentunya membuat berbagai model telepon di masyarakat semakin beragam. Hal ini tidak lepas dari perkembangan teknologi yang semakin maju. Namun, ini semua juga tidak lepas dari tokoh penemu telepon itu sendiri. Yang dulunya berhasil menemukan bahkan membuat telepon yang sederhana, hingga bisa menjadi secanggih seperti sekarang ini. 

Siapakah tokoh itu? Mari kita simak dalam penjelasan berikut.


Alexander Graham Bell

Profil Alexander Graham Bell 

Alexander Graham Bell merupakan tokoh penemu telepon yang lahir  pada 3 Maret 1847, di Edinburgh, Skotlandia. Alexander Graham Bell merupakan seorang ilmuwan dan guru tuna rungu Amerika, yang pencapaian utamanya adalah penemuan telepon (1876) dan penyempurnaan fonograf (1886). Alexander lahir dari pasangan Alexander Melville Bell dan Eliza Grace Symonds. Ibunya hampir tuli dan ayahnya mengajar kefasihan berbicara kepada tuna rungu. Pada usia 11 tahun, Alexander masuk Royal High School di Edinburgh, dan pada tahun 1865 keluarganya pindah ke London. Dan pada bulan Juni 1868, ia diterima sebagai mahasiswa di University Collage London. Ia resmi menikahi Mable Hubbard, putri dari Gardiner Hubbard pada 11 Juli 1877.

Penemuan Telepon 

Ibu dan Istri Bell memiliki masalah pendengaran atau tuli, hal ini memberikan pengaruh mendalam pada kehidupan Bell. Pada tahun 1870-an Bell pindah ke Boston, Amerika Serikat. Ia amat sangat tertarik pada kemungkinan transmisi ucapan melalui kabel. Dan pada tahun 1871 Alexander sempat bekerja di kantor telegraf yaitu sebuah perangkat yang mengirimkan pesan melalui kabel pada saat yag bersamaan. Ia mulai mencari cara untuk mengirimkan suara manusia melalui kabel. Pada tahun 1875, bersama dengan temannya Thomas Watson, Bell mulai mengubah listrik menjadi suara. Dan pada saat yang bersamaan, ilmuwan lain seperti Antonio Meucci dan Elisha Gray  juga mengerjakan teknologi yang sama. Karena Bell lebih cepat datang ke kantor paten, jadi Bell mendapatkan hak patennya pada 7 Maret 1876. Setelah mendapatkan hak paten tersebut, Bell melakukan panggilan pertamanya ke Watson dengan ungkapan yang kini terkenal, yaitu "Pak Watson, Kemarilah. Saya membutuhkanmu."

Bell tidak hanya menemukan telepon. Ia juga menciptakan aneka alat dan temuan lain seperti graophophone, detektor logam, photophone, dan audiometer. Menurut laman Britannica, bell memiliki komitmen seumur hidup untuk membantu pendidikan orang tuna rungu. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh orang-orang terdekatnya yang memiliki kesulitan pendengaran, ibu dan juga istrinya. Selain itu juga karena ayahnya yang merupakan seorang guru yang mengajar orang tuna rungu untuk mampu berbicara jelas.

Perkembangan Telepon Dari Masa Ke Masa

Seiring dengan berjalannya waktu, telepon terus mengalami perkembangan. Telepon yang dulunya hanya digunakan sebagai alat komunikasi sekarang dapat juga digunakan untuk mencari informasi. Telepon banyak mengalami perubahan, terutama dalam bentuk model dan funsi. Dulunya telepon menggunakan kabel, tetapi sekarang telepon dengan mudah dapat dibawa kemana saja. Berikut adalah perkembangan telepon dari masa kemasa.


1. Bell Telephone (1876)
2. Telepon di Abad 19 (1890)
3. Western Electric 302 (1937)
4. The Trimline (1965)
5. Cordless Phones (1980)
6. The Motorola DynaTAC (1983) 
7. Motorola StarTAC (1996)
8. Smartphone

Nah, bagaiman teman-teman? Dari penjelasan singkat diatas kita dapat mengetahui mengenai penemu dan perkembangan dari telepon. telepon yang saat ini kita gunakan haruslah kita maksimalkan penggunaanya untuk hal-hal yang positif. 
Semoga dengan materi singkat ini, dapat menambah wawasan bagi teman-teman semuanya. Jangan lupa untuk meninggalkan jejak komentar dan tunggu materi selanjutnya.


Sumber :






Pencari materi : Annasya Kholifatunnisa (06) dan Clara Luqinayah (09)
Penulis blog : Ravita Setya Wulansari (26)



Komentar

Postingan Populer